PENGGUNAAN MS.EXCEL SEBAGAI PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA

11.30


Penulis: Muhammad Barikly Sany

Selama ini guru mengolah nilai siswa dengan menggunakan cara manual yang konvensional dan mengakibatkan pekerjaan menjadi tidak efektif serta lebih membuang banyak waktu, namun setelah adanya software yang bernama Microsof Excel guru menjadi dapat lebih mudah mengerjakan pekerjaannya dengan lebih efektif.
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak yang dipakai untuk mengolah data secara otomatis yang meliputi penghitungan dasar, penggunaan fungsi dan formula, pembuatan grafik, serta manajemen data. Microsoft Excel termasuk salah satu paket program Microsoft Office yang dikhususkan untuk pengolahan lembar kerja elektronik atau biasa dikenal dengan istilah spreadsheet program. Spreadsheet itu sendiri memiliki arti suatu tabel yang nilai-nilainya disusun dalam baris dan kolom.
Pada spreadsheet, masing-masing nilai menempati suatu sel dimana anda bisa mendefinisikan tipe data pada sel dan hubungan yang telah terdefinisikaan dengan nilainya.Jika salah satu nilai diubah, maka nilai yang lain akan ikut berubah. Adapun fasilitas dalam Program Microsoft Office Excel 2013 yaitu tampilan menu yang sederhana dan praktis semakin memudahkan dalam bekerja dengan Microsoft excel. Beberapa kotak dialog diganti dengan bentuk perintah drewop down dan dilengkapi dengan keterangan pada tooltips serta tampilan contoh dari pilihan yang bersangkutan.
Dengan ini guru akan mudah untuk membuat hasil belajar siswa secara efektif, bahkan guru yang memiliki gagap tekonlogipun dapat menggunakannya

RISET TERKAIT
Guru seharusnya dapat lebih berinovatif terhadap pendidikan yang ada di Indonesia, karena mereka telah mendapatkan amanah dari seluruh rakyat Indonesia untuk mencerdaskan bangsanya. Namun banyak harapan yang tidak sesuai. Masih banyak guru diluar sana yang belum memenuhi kompetensi sehingga menghambat tujuan pendidikan di Indonesia. Bahkan dalam pengelolaan hasil belajar para siswa saja masih banyak yang memiliki kendala, rata-rata dari mereka memiliki kendala seperti gagap teknologi atau gaptek.
Masih banyak guru di Indonesia yang gagap teknologi, seperti yang dimuat dalam berita harian Sindonews yang berisi tentang masih adanya 40% guru gaptek diwilayah bekasi. Berita lain yang dimuat dalam tribunnews juga menyebutkan masih terdapat 60% guru di Bungo masih gaptek. Hal tersebut menunjukkan bahwa guru gaptek di Indonesia masih banyak dan perlu adanya pembenahan dalam masalah ini.

Pembuatan penilaian hasil belajar siswa siswa memerlukan keahlian dalam hal teknologi, oleh karena itu para guru pada jaman sekarang dituntut untuk tidak gagap terhadap teknologi. Dalam pembuatan penilaian hasil belajar siswa memerlukan keahlian penguasaan rumus dan nalar agar guru dapat membuat penilaian hasil belajar tersebut.
Dalam hal ini pembuatan penilaian hasil belajar lebih ditujukan untuk membuat nilai tertinggi, nilai terendah, nilai rata-rata, ranking kelas, dan keterangan lulus atau tidak lulus dengan menggunakan rumus sehingga ketika memudahkan kita jika terdapat perubahan nilai.
Pembuatan hasil nilai belajar menggunakan software Microsoft Excel, software tersebut sangat direkomendasikan karena pada umumnya orang-orang lebih mudah memahami software tersebut karena pengoperasiannya lebih mudah daripada software yang lain.




PEMBUATAN TABEL
Sebelum membuat tabel tentunya kita harus sudah mempunyai data nilai. Langkah pertama yaitu buatlah judul dengan menggunakan fitur Merge&Cell yang berguna untuk menyatukan beberapa Cell menjadi satu Cell. Lalu buatlah kolom tabulasi keterangan seperti Nomor, Nama, Mata Pelajaran, Jumlah, dan Rata-rata. Setelah itu masukkan data seperti nomor urut, nama, dan nilai siswa.
Tidak lupa untuk mengukur ukuran setiap cell agar lembar kerja tidak terlalu lebar, lalu berilah border pada setiap cell
Dalam pembuatan hasil belajar jangan lupa untuk menunjukkan jumlah keseluruhan nilai yang sehingga nanti dapat dikalkulasikan untuk membuat hitungan lain dengan cara menggunakan rumus =SUM(Nilai awal:Nilai akhir).

MEMBUAT NILAI RATA-RATA
Tahap selanjutnya adalah membuat nilai rata-rata. Nilai rata-rata terbagi menjadi 4 bagian yaitu nilai rata-rata dari setiap mata pelajaran, nilai rata-rata dari setiap siswa, rata-rata jumlah keseluruhan, dan rata-rata jumlah dari keseluruhan rata-rata.
Dalam membuat rata-rata cukup mudah dengan menggunakan rumus “Average”. Tuliskan =AVERAGE(Nilai Awal:Nilai Akhir). Pada pembuatan nilai rata-rata dapat menggunakan teknik “Drewopdown”, yaitu teknik dengan menarik cell dari nilai awal ke nilai akhir.

MEMBUAT NILAI TERENDAH DAN TERTINGGI
Nilai terendah dibuat untuk mengetahui nilai minimal yang ada pada data. Pembuatan nilai minimal menggunakan rumus “Min”. Sedangkan nilai tertinggi dibuat untuk mengetahui nilai tertinggi yang ada pada data dengan menggunakan rumus “Max”.
Dalam penggunaan rumus ini menggunakan teknik yang sama dengan rumus rata-rata yaitu dengan menggunakan teknik Drewopdown.
Masukkan rumus =MIN(Nilai Awal:Nilai Akhir) untuk membuat nilai minimal, dan masukkan rumus =MAX(Nilai Awal:Nilai Akhir) untuk membuat nilai tertinggi.

MEMBUAT RANKING
Dalam pembuatan ranking dapat menggunakan fitur rumus dalam Ms.Excel yaitu dengan rumus “Rank”. Masih menggunakan teknik Drewopdown, pada rumus ini terdapat perbedaan yaitu penggunaan tanda “$” pada rumus. Selain itu perbedaan rumus ini dengan rumus-rumus sebelumnya adalah dengan mencantumkan seluruh jumlah siswa yang ada pada data. Misal; pada kelas X terdapat 36 siswa, maka penggunaan angka 36 sebagai patokan angka terakhir pada rumus.
Cara menggunakan rumus ini adalah dengan memasukkan rumus =RANK(T8;$T$7:$T$36;0). Yang dimaksud dengan T8 disini adalah jumlah nilai terakhir siswa, lalu kita menambahkan karakter $ pada kode selanjutnya.




MEMBUAT KETERANGAN LULUS/TIDAK LULUS
Dalam penggunaan rumus keterangan ini menggunakan rumus “IF” atau jika, rumus ini menggunakan penalaran “Jika A maka A, Jika B maka B”. Pada rumus ini juga kita harus memiliki KKM sebagai patokan angka untuk membuat keterangan lulus/tidak lulus.
Penggunaan rumus ini agak sedikit susah, tulislah rumus seperti berikut =IF(U7<76;"TIDAK LULUS";IF(U7>=76;"LULUS"))
*U7 adalah Cell nilai rata-rata per siswa
*76 adalah KKM

REFERENSI
News, S. (2014, 08 20). Sindo News. Retrieved from m.metro.sindonews.com/newsread/892994/31/gawat-40-persen-guru-di-bekasi-gaptek-1408451049
News, T. (2012, 10 11). Tribun News. Retrieved from m.tribunnews.com/amp/regional/2012/10/11/60-persen-guru-di-bungo-masih-gaptek
Suyanto, A. H. (2015). Pengenalan Microsoft Excel. Jurnal Komputer, 1-6.


You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts