Mengembangkan Kreativitas Editing Photo dengan Aplikasi PicsArt Photo Studio

12.25


Kartika Sekar Pambayun
nirmana.melodi@gmail.com

            Ponsel tidak hanya menjadi saran berkomunikasi saja, tetapi lebih daripada itu, termasuk dalam urusan memotret (pcplus.co.id : 2015). Ponsel masa kini telah dilengkapi memori yang besar dan kapasitas memuat data lebih banyak sehingga alih fungsi ponsel dari yang hanya sekedar mentransfer informasi sekarang banyak digunakan untuk berbagai keperluan yang memudahkan pekerjaan manusia, selain itu ponsel merupakan sebuah alat hiburan. Ketika maraknya gadget dipasaran orang-orang jadi semakin mengincar ponsel yang memiliki kamera mendukung untuk mengabadikan setiap momen yang dilewatinya, jadilah sebuah kebiasaan untuk memotret lalu mengunggah. Melihat dari banyaknya pengguna ponsel yang mengunggah foto ke berbagai media sosial membuat para softwere creator menciptakan aplikasi-aplikasi baru atau meningkatkan performa aplikasi yang telah berkembang.
Menurut yang dilansir dari detikgadget.net (2016). Dalam masa perkembangannya kita kini telah tidak membutuhkan sebuah PC ataupun laptop lagi guna mengedit gambar ataupun video yang kita miliki, karena dengan memakai smartphone Android maka hal mengedit tersebut bisa dilakukan dengan cukup mudah serta cepat. Ada salah satu aplikasi yang ditawarkan oleh ponsel Android yang bisa digunakan untuk mengedit video serta gambar dengan cepat yaitu PicsArt Photo Studio.
Seperti yang dipaparkan oleh play.google.com PicsArt kini menjadi editor foto perangkat seluler gratis, dan PicsArt bukan sekadar filter. Unduh PicsArt dan nikmati alat, efek, pembuat kolase, kamera, pustaka clipart gratis, jutaan stiker yang dibuat pengguna, serta beragam alat gambar. PicsArt sepenuhnya membantu dalam membuat gambar mengagumkan, mencoba teknik baru dan nikmati keseruannya bersama teman-teman dengan me-remix gambar free-to-edit menjadi kolase yang menyenangkan. Piscart merupakan ruang kreativitas all-in-one, ia dapat membuat kolase, alat gambar, editor foto, kamera, dan yang lainnya,
PiscArt juga dikatakan sebagai editor foto yang baik. Dengan lebih dari 1000 fitur, editor foto PicsArt memiliki semua yang Anda butuhkan untuk menjadikan setiap foto mengagumkan. Fitur tersebut mencakup alat untuk membuat potongan, pangkasan, rentangan, klon, menambahkan teks, dan menyesuaikan kurva. Juga memiliki pustaka lengkap filter foto artistik (termasuk HDR), bingkai, latar belakang, batasan, callout, dan yang lainnya. Semua alat memiliki mode kuas untuk menyesuaikan dan menerapkan secara selektif hanya pada bagian foto Anda. PicsArt menyediakan 100 lebih font untuk menambahkan teks pada foto Anda dan membuat lapisan teks menarik. PicsArt juga menghadirkan satu set efek bergaya Prisma dengan dukungan AI yang berkembang pesat. PiscArt pun mempunyai stiker, clipart, dan potongan mengagumkan.
Alat Pemotong (gunting) PicsArt memungkinkan Anda membuat dan membagikan stiker kustom untuk digunakan semua orang. Komunitas PicsArt sudah membuat jutaan stiker dan clipart kustom gratis. Semuanya siap Anda ambil untuk digunakan pada pengiriman pesan dan remix — secara gratis. Di aplikasi tersebut juga terdapat kolase dan grid kreatif, gambar custom, camera, remix gambar, dan dijadikan free-to-edit.

Dengan berbagai keunggulan yang disediakan PiscArt , maka aplikasi ini dapat diterapkan di dalam komunitas siswa di sekolah dalam pengenalan softwere user interface dalam menjalankan aplikasi editing. Tujuannya yaitu mengenalkan kepada komunitas siswa bahwa memotret itu menyenangkan dan mengedit itu praktis dan semua orang mampu berkreativitas dengan kemampuannya masing-masing. Semua orang dapat berkarya dengan ponsel genggamnya. Menurut artikel di  www.plimbi.com ( 2013) dengan user interfacenya yang mudah dan cepat sehingga pengguna bisa mengedit foto menggunakan aplikasi ini tanpa harus bingung dengan menu user interface yang membingungkan , selain itu PicsArt Photo Studio ini juga dilengkapi dengan fitur share sehinga Anda bisa membagikan hasil karya Anda secara global dengan komunitas PicsArt itu sendiri.

Di saat media jejaring sosial sedang booming, penyuntingan foto menjadi mudah, serta sarana berkomunikasi yang praktis, PicsArt berhasil merangkum itu semua ke dalam satu aplikasi yang menarik (pcplus.co.id : 2015).
Contoh Hasil Editing dengan PiscArt Photo Studio
              





                                                                                               


                                                                             


Referensi :
http://www.plimbi.com/review/46732/picsart-photo-studio-android (diakses pada tanggal 17 september 2017, pukul 08.37 WIB)

https://play.google.com/store/apps (diakses pada tanggal 17 september 2017, pukul 19.26 WIB)


http://www.detikgadget.net/aplikasi-picsart/ (diakses pada tanggal 18 september 2017, pukul 08.40 WIB)

You Might Also Like

1 komentar

  1. Slot Machines - JTHub
    Slot Machines is a mobile app 문경 출장마사지 that can't be downloaded. 의왕 출장마사지 There are a few different slot games 정읍 출장샵 available that are all geared towards different type 정읍 출장안마 of 광명 출장샵 player  Rating: 4.2 · ‎11,961 votes

    BalasHapus

Popular Posts